February 27, 2024

Beberapa Kerajaan Tertua Indonesia

Beberapa Kerajaan Tertua Indonesia masih akan kita bahas pada artikel ini. Masih banyak kerajaan tertua yang ada di Republik Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa indonesia memangla wilayah besar pada masa kerajaan dulu. Banyak kerajaan – kerajaan besar yang berada pada batas wilayah indonesia. Bahkan Kerajaan – kerajaan tersebut memiliki peran besar bagi dunia pada masanya terdahulu.

Beberapa Kerajaan Tertua Indonesia: Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan tertua di Indonesia berikutnya adalah Kerajaan Tarumanegara, dengan pusat pemerintahannya berada di Bogor, Jawa Barat. Kerajaan Tarumanegara dipengaruhi oleh budaya Hindu India jika dilihat berdasarkan bukti tertulis yang ditemukan. Diperkirakan, kerajaan ini berkembang pada tahun 400 hingga 600 Masehi. Kerajaan Tarumanegara memiliki tujuh macam prasasti peninggalan yang didapati tersebar di berbagai kabupaten. Raja Purnawarman memeluk Agama Hindu dan menyembah Dewa Wisnu. berdasarkan prasasti Ciaruteun. Wilayah kekuasaannya meliputi Jawa Barat yang terbentang dari Jakarta, Bogor, dan Cirebon.

Kerajaan Ho-ling

Kerajaan Ho-ling atau Kalingga berada di Jawa Tengah. Bukti adanya kerajaan ini didasarkan pada pengiriman utusan dari Cina ke kerajaan ini pada tahun 647 dan 666 Masehi. Keberadaan kerajaan Ho-ling ini didasarkan pada seorang pendeta dari Agama Buddha yang bernama I Tsing. Pendeta tersebut mengungkapkan bahwa pada tahun 664 Masehi, Hwining pernah datang ke Holing . Ia menerjemahkan kitab suci Budha dari Bahasa Sanskerta ke dalam Bahasa Cina. Kerajaan Ho-ling ini diperintah oleh Ratu Sima, seorang raja wanita yang dikenal sebagai pemimpin yang adil dan bijaksana. Orang-orang di kerajaan ini menjual emas, perak, dan cula badak.

Pemerintah Melayu

Kerajaan Melayu berada di wilayah Jambi atau sepanjang Sungai Batanghari. Ada juga yang menyatakan bahwa kerajaan tersebut berada di Semenanjung Malaysia. Kerajaan Melayu ini digambarkan dalam buku Pararaton dan Negarakertagama pada abad ke-13. Buku tersebut menggambarkan Kertanegara sebagai ekspedisi Pamalayu Raja Singasari. Tujuan ekspedisi ini adalah untuk mencegat Kerajaan Mongol di bawah kekuasaan Raja Kubilai Khan yang ingin menguasai wilayah Asia Tenggara. Dicatat dalam sejarah bahwa Raja Singasari mempersembahkan pada orang-orang Melayu Arca Budha Amoghapasa .

BACA SELANJUTNYA >>>

Share: