May 29, 2024

Operasi Trikora Menyatukan Papua ke dalam NKRI

Operasi Trikora merupakan salah satu tonggak sejarah penting dalam upaya penyatuan Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Diluncurkan pada tanggal 19 Desember 1961 oleh Presiden pertama Indonesia. Soekarno, Operasi Trikora memiliki makna yang dalam bagi sejarah dan kedaulatan Indonesia.

Latar Belakang

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Berbagai wilayah di Indonesia mulai memperoleh pengakuan internasional sebagai bagian dari negara merdeka ini. Namun, satu wilayah yang masih belum sepenuhnya tersatukan adalah Papua, yang pada saat itu dikenal dengan nama Irian Barat.

Konteks Politik

Pada awal tahun 1960-an, terjadi ketegangan antara Indonesia dan Belanda terkait masa depan Papua. Belanda masih mengklaim Papua sebagai bagian dari wilayah kolonialnya, sementara Indonesia menuntut kemerdekaan bagi Papua dan menyatakan wilayah tersebut sebagai bagian tak terpisahkan dari NKRI.

Peluncuran Trikora

Dalam situasi ini, pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno meluncurkan Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat), dengan slogan “Hidup atau Mati, Penentuan Papua”. Operasi ini bertujuan untuk merebut kembali Papua dari tangan Belanda dan menyatukannya dengan Indonesia.

Tahapan Operasi

Trikora terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi diplomasi politik, persiapan militer, dan operasi lapangan. Diplomasi politik dilakukan melalui perjuangan diplomasi di forum internasional untuk mendapatkan dukungan bagi kemerdekaan Papua.

Dampak dan Penyelesaian

Meskipun tidak langsung mencapai tujuan, Trikora berhasil menarik perhatian dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Papua. Belanda akhirnya setuju untuk menyerahkan administrasi Papua ke dalam tangan PBB pada tahun 1962 melalui Perjanjian New York, yang kemudian diikuti oleh transfer penuh ke Indonesia melalui Penyatuan Papua ke dalam NKRI pada tahun 1969.

Pentingnya Operasi Trikora

Operasi Trikora bukan hanya sekedar upaya militer, tetapi juga merupakan manifestasi dari semangat nasionalisme, kebersamaan, dan tekad yang kuat dalam menjaga kesatuan dan kedaulatan Indonesia. Sebagai salah satu momen krusial dalam sejarah Indonesia, Trikora menunjukkan tekad bangsa Indonesia dalam menegakkan kedaulatan dan persatuan wilayahnya.

Kesimpulan

Dengan peluncuran Trikora, Indonesia berhasil menarik perhatian dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Papua. Meskipun perjuangan untuk mengintegrasikan Papua ke dalam NKRI tidak langsung selesai dengan Trikora. Namun tonggak sejarah ini menjadi landasan bagi penyelesaian akhir yang tercapai pada tahun 1969. Operasi Trikora tetap menjadi simbol penting dalam sejarah perjuangan dan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Operasi Militer Dwikora Menegakkan Kedaulatan Negara

Share: Facebook Twitter Linkedin