April 21, 2024

Sejarah Candi Singosari

Candi Singosari, sebuah peninggalan sejarah yang megah, merupakan salah satu situs arkeologi yang berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Candi ini memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan dan menyimpan beragam cerita sejarah yang kaya.

Keindahan Arsitektur

Candi Singosari memiliki gaya arsitektur Hindu-Buddha yang khas, mencerminkan perpaduan budaya dan agama pada masa itu. Bangunan ini terdiri dari tiga candi utama yang terbuat dari batu andesit. Yaitu candi utama, candi perwara (pengawal). dan candi apit (pelengkap). Dinding candi dihiasi dengan relief-relief yang memperlihatkan kehidupan sehari-hari masyarakat pada masa itu, serta cerita-cerita dari mitologi Hindu-Buddha seperti Ramayana dan Mahabharata.

Sejarah Kehidupan Kerajaan Singosari

Candi Singosari didirikan pada abad ke-13 Masehi oleh Raja Kertanegara dari Kerajaan Singosari. Raja Kertanegara dikenal sebagai salah satu raja besar yang berkuasa di Jawa pada masanya. Candi ini kemungkinan besar dibangun sebagai tempat ibadah bagi para raja dan bangsawan, serta sebagai tempat pemujaan terhadap dewa-dewa Hindu dan Buddha.

Peninggalan Bersejarah

Selama berabad-abad, Candi Singosari telah menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Jawa Timur. Meskipun mengalami kerusakan dan perombakan seiring berjalannya waktu, keindahan dan keanggunan candi ini tetap memukau para pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Pemerintah Indonesia secara aktif menjaga dan merawat situs ini sebagai bagian dari warisan budaya yang harus dilestarikan.

Tempat Wisata Budaya dan Spiritual

Selain menjadi situs arkeologi yang penting, Candi Singosari juga menjadi tempat wisata yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Para pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur kuno, menjelajahi relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah epik, serta merasakan kedamaian dan spiritualitas di lingkungan yang sarat dengan sejarah dan kebudayaan.

Upaya Pelestarian

Pemerintah dan berbagai pihak terkait terus melakukan upaya pelestarian terhadap Candi Singosari agar tetap dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Langkah-langkah seperti konservasi struktural, pengamanan situs, serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melestarikan warisan budaya telah dilakukan secara berkelanjutan.

Candi Singosari adalah bukti nyata kebesaran peradaban masa lampau dan menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang sejarah Jawa Timur. Keindahannya yang megah dan makna sejarahnya yang mendalam membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang tak boleh terlewatkan di Indonesia.

Baca Juga : Candi Tikus

Share: Facebook Twitter Linkedin