July 23, 2024

Sejarah Kertanegara Kilas Balik Peradaban Jawa Kuno

Kertanegara adalah sebuah masa penting dalam sejarah kerajaan Jawa yang menjadi sorotan di antara era kejayaan Hindu-Buddha di Nusantara. Periode ini, yang berlangsung dari akhir abad ke-13 hingga awal abad ke-14, menandai puncaknya kekuasaan kerajaan Singhasari di bawah pemerintahan Raja Kertanegara. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai sejarah yang kaya dan berwarna dari era ini:

Latar Belakang:

Kertanegara adalah putra Mahisa Wonga Wardhana, raja Singhasari yang terkenal. Dengan penaklukan besar-besaran dan penaklukan kerajaan-kerajaan tetangganya, Singhasari tumbuh menjadi kekuatan dominan di wilayah Jawa. Kertanegara mewarisi takhta dari ayahnya pada tahun 1268 Masehi.

Kejayaan:

Di bawah kepemimpinan Kertanegara, Singhasari mencapai puncak kejayaannya. Dia dikenal sebagai seorang penguasa yang cerdas, berani, dan ambisius. Kertanegara melanjutkan kebijakan ekspansi ayahnya dengan menaklukkan wilayah-wilayah baru di sekitar Jawa, termasuk Sumatra.

Selain itu, Kertanegara juga dikenal karena membangun hubungan dagang yang kuat dengan Tiongkok dan India. Perdagangan yang makmur membawa kemakmuran bagi kerajaan dan memungkinkan Kertanegara untuk membangun infrastruktur yang maju serta memperindah ibu kotanya.

Konflik dengan Mongol:

Salah satu momen penting dalam sejarah Kertanegara adalah konfliknya dengan Kekaisaran Mongol yang sedang menguasai Tiongkok pada saat itu. Kubilai Khan, kaisar Mongol, mengirim utusan ke Singhasari untuk menuntut upeti dan pengakuan atas kedaulatan Mongol.

Namun, Kertanegara menolak tuntutan tersebut dengan tegas. Hal ini memicu kemarahan Kubilai Khan, yang kemudian mengirim ekspedisi militer besar-besaran ke Jawa pada tahun 1293. Pasukan Mongol menginvasi Jawa dan mengepung ibu kota Singhasari.

Akhir Hayat:

Dalam pertempuran yang sengit, Kertanegara akhirnya ditangkap dan dibunuh oleh pasukan Mongol. Ini menandai berakhirnya kekuasaan Singhasari dan awal dari masa transisi ke era Majapahit yang baru.

Warisan dan Pengaruh:

Meskipun hidupnya berakhir tragis, Kertanegara dikenang sebagai salah satu penguasa yang paling berpengaruh dalam sejarah Jawa. Kepemimpinannya yang kuat, ambisinya dalam ekspansi, dan kebijaksanaannya dalam membangun hubungan internasional membentuk landasan bagi kejayaan kerajaan Jawa.

Selain itu, konfrontasinya dengan Mongol menunjukkan keberanian dan keteguhan hatinya dalam menghadapi ancaman asing. Meskipun Singhasari jatuh setelah kematiannya, pengaruhnya masih terasa dalam pembentukan Majapahit, kerajaan Jawa berikutnya yang menguasai wilayah tersebut untuk beberapa abad ke depan.

Kesimpulan:

Sejarah Kertanegara adalah bagian integral dari perjalanan peradaban Jawa kuno. Meskipun hidupnya singkat, warisannya tetap terasa dalam budaya, politik, dan kehidupan masyarakat Jawa. Kertanegara tidak hanya menjadi simbol kekuatan dan kemakmuran Singhasari, tetapi juga pahlawan yang menunjukkan keberanian dan keteguhan dalam menghadapi tantangan.

Baca Juga : Perjalanan Kerajaan Kutai Kuno Menuju Kejayaan

Share: Facebook Twitter Linkedin