June 25, 2024

2 Kerajaan Besar Indonesia Pada Masa Lalu

https://84.247.181.202/ – Indonesia memiliki sejarah yang sangat luas dan mengagumkan, terbukti dengan banyak kerajaan dari masa lalu yang cukup besar dan disegani dunia. Berikut sejarah 2 kerajaan besar indonesia pada masa lalu.

2 Kerajaan Besar Indonesia : Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia yang meliputi hampir seluruh kepulauan Nusantara pada masanya.

Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya setelah berhasil mengalahkan tentara Mongol yang menyerang Indonesia pada tahun 1293. Setelah kekalahan tentara Mongol, Raden Wijaya berhasil merebut kekuasaan dari Kertanegara dan mendirikan kerajaan Majapahit.

Pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk dengan Perdana Menteri Gajah Mada, Kerajaan Majapahit mengalami masa keemasan. Gajah Mada berhasil menyatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit melalui Sumpah Palapa. Wilayah kekuasaan Majapahit meliputi pulau Jawa, Madura, Bali, sebagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga sebagian Filipina dan Malaysia.

Kerajaan Majapahit juga menjadi pusat perdagangan dan budaya. Pelabuhan-pelabuhan di Jawa menjadi tempat persinggahan pedagang-pedagang dari berbagai penjuru Asia dan Eropa seperti Tiongkok, India, Arab dan Portugal. Di bidang seni, Majapahit menghasilkan arsitektur dan patung yang indah serta sastra dan tulisan yang berkembang pesat.

Walaupun sempat mengalami kejayaan, Kerajaan Majapahit pada akhirnya mengalami kemunduran akibat perselisihan internal dan serangan dari kerajaan-kerajaan Islam seperti Demak. Pada tahun 1478, raja terakhir Majapahit, Brawijaya V, menyerahkan takhta kepada adipati Demak, Raden Patah sehingga menandai berakhirnya riwayat kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Nusantara ini.

Kesultanan Mataram

Kesultanan Mataram merupakan kesultanan Islam pertama di pulau Jawa yang berhasil menyatukan wilayah Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur di bawah kekuasaannya.

Pada masa itu, Kesultanan Mataram didirikan oleh Panembahan Senopati pada tahun 1575 Masehi di daerah Kotagede, Yogyakarta. Pada masa pemerintahan Panembahan Senopati dan putranya yang bernama Sultan Agung, Kesultanan Mataram mengalami masa keemasan dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, dan sebagian Jawa Barat.

Sultan Agung adalah raja Kesultanan Mataram yang paling terkenal. Ia berhasil menaklukkan Surabaya dan meluaskan wilayah Mataram sampai ke ujung timur pulau Jawa. Sultan Agung juga sempat menyerang Batavia pada tahun 1628 dan 1629, meskipun akhirnya gagal merebutnya dari penjajah Belanda.

Kesultanan Mataram mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-17. Setelah itu, terjadi perselisihan internal yang menyebabkan Mataram terpecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Meski demikian, Kesultanan Mataram tetap meninggalkan jejak sejarah yang penting sebagai kerajaan Islam pertama penyatuan Jawa.

BACA JUGA : Masa Praaksara: Mengenang Sejarah dan Peninggalan

Share: Facebook Twitter Linkedin